Saturday 30 November 2013

Cara Kerja Touchpad Pada Laptop

Bagaimana cara kerja touchpad pada laptop?

              Selamat siang kawan-kawan...
           Dalam postingan kali ini, saya ingin membahas mengenai "Bagaimana cara kerja touchpad pada laptop?". Apakah Anda tahu bagaimana cara kerja touchpad? Bagi yang tidak tahu, ingin tahu tidak? Nah, sebelum kita mengetahui cara kerjanya, saya ingin membahas terlebih dahulu apa itu touchpad dan beberapa hal yang terkait. Touchpad yang saya bahas ini adalah touchpad yang terdapat pada laptop umumnya.
            Touchpad adalah penunjuk (pointer) yang memiliki area sentuh dan secara otomatis membaca gerakan jari yang bergerak di area tersebut. Touchpad sama fungsinya seperti mouse dan digunakan sebagai pengganti mouse pada laptop karena penggunaan mouse itu memerlukan tempat yang cukup luas dan alasnya harus rata. Dengan adanya touchpad kita dapat menggunakan laptop dimana saja tanpa perlu tempat yang luas maupun alas yang rata. 

            Mirip seperti mouse, touchpad memiliki tombol kiri dan kanan hanya saja pada laptop tombol kiri dan kanan terletak pada bagian bawahnya. Sedangkan diatasnya merupakan area sentuh yang membaca gerakan arah jari kita. Penggunaan touchpad cukup simpel. Anda hanya cukup menempelkan salah satu jari Anda (biasanya jari telunjuk) di area sentuh kemudian geser jari Anda di atas area sentuh ke arah yang Anda inginkan maka kursor pun akan bergeser sesuai arah gerak jari Anda. Simpel bukan? Tombol kiri dan kanan pada touchpad juga sama fungsinya seperti pada mouse. 


             Nah, itu sekilas mengenai touchpad. Sekarang kita langsung saja membahas mengenai cara kerjanya. Ada 2 tipe cara kerja touchpad :

1. Touchpad Resistif
    Pada touchpad resistif tersusun dari serangkaian konduktor dalam 2 lapisan. 1 lapisan terletak di atas dan tegak lurus terhadap lapisan dibawahnya. Rangkaian konduktor itu membentuk matriks. Ketika touchpad di tekan/di sentuh, kedua lapisan itu menyentuh satu sama lain. Berdasarkan lokasi sentuhan, koordinat nya dapat dihitung. Apabila tekanan yang di berikan besar, kontak antar lapisan menjadi lebih baik dan resistensinya lebih rendah. Touchpad tipe ini hanya membutuhkan tekanan yang cukup untuk membuat kedua lapisan itu saling bersentuhan sehingga gerakan jari terbaca oleh laptop.


analog dialogue volume 44
2. Touchpad Kapasitif
    Touchpad kapasitif ini memiliki 2 lapisan kawat sejajar. Lapisan yang satu merupakan pemancar dan lapisan yang lainnya merupakan penerima. Lapisan-lapisan ini membentuk kapasitor. Ketika jari atau benda lain didekatkan, kapasitansi akan berubah. Perubahan ini bisa diukur dan dari perubahan kapasitansi, lokasi jari maupun perpindahannya juga dapat dideteksi. Sehingga kursor bergerak setelah menerima informasi mengenai lokasi jari.
enter image description here

No comments:

Post a Comment